Beranda > KOORDINATIF > 20 TUTOR IKUTI TEMU ORIENTASI PROGRAM MTBS

20 TUTOR IKUTI TEMU ORIENTASI PROGRAM MTBS

MTBS OrientasiBagaimanakah suasananya bila para sejawat dokter dan paramedis senior yang pernah dilatih sebagai fasilitator atau tutor bisa berjumpa kembali dalam forum pertemuan?. Suasananya tampak seperti reuni para sahabat, mengenang kembali ketika pelatihan, dari saat sebagai peserta yang dilatih dan sampai bisa selaku tutor yang melatih. Begitulah situasinya saat Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara, mengadakan suatu pertemuan orientasi program MTBS (Manajemen Terpadu Balita Sakit) bagi para tutor se-Sultra, di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Kota Kendari.

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sultra, dengan menyampaikan harapan akan pentingnya peran para tutor atau fasilitator, dalam mengaktifkan keterpaduan program MTBS di puskesmas. MTBS merupakan program nasional yang telah dirancang khusus sebagai upaya terpadu untuk mengurangi risiko kejadian kesakitan maupun kematian pada anak dan ibu, khususnya pada pusat pelayanan kesehatan terdepan.

Pertemuan orientasi tersebut berlangsung pada tanggal 22-23 Oktober 2009, diikuti oleh 20 orang tutor yang berasal dari unit kerja masing-masing Dinas Kesehatan Kota Kendari (2), Kabupaten Konawe(2), Konawe Selatan (4),  Konawe Utara (2), Kolaka (4), Muna (4), Buton (2) yang ada di Sulawesi Tenggara. Materi yang disajikan tentang Kebijakan Strategis Program Kesehatan Ibu dan Anak, dibawakan oleh Kepala Bidang Upaya Kesehatan Masyarakat. Dilakukan diskusi dan pembahasan terhadap modul MTBS terbaru hasil revisi tim Depkes, agar setiap tutor mempunyai sudut pemahaman yang sama. Hari terakhir pertemuan diisi dengan pemaparan permasalahan setiap tutor dalam pengembangan MTBS di lapangan kerja masing-masing, dan dilanjutkan pembuatan rencana tindak lanjut. (pts)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar