Beranda > KURATIF > 2 AKSI PELAYANAN BULAN BHAKTI GOTONG ROYONG

2 AKSI PELAYANAN BULAN BHAKTI GOTONG ROYONG

Bhaksos BBGR 2009Di depan lorong masuk menuju RW Baito, Kelurahan Wua-wua, Kecamatan Wua-wua, Kota Kendari, pada hari Kamis, 05 November 2009, terpampang spanduk ucapan selamat datang ditujukan kepada Gubernur Sulawesi Tenggara. Lorong yang biasanya lengang, hanya dilalui warga setempat, saat itu semarak dengan jajaran spanduk dan umbul-umbul, karena sedang berlangsung pencanangan bulan bhakti gotong royong untuk mensukseskan program bahteramas (bangun kesejahteraan masyarakat). Masyarakatpun datang berduyun-duyun menuju tempat acara disuatu lapangan terbuka yang telah dipasang tenda dan dihiasi spanduk promosi kegiatan.

Acara bulan bhakti gotong royong ini terselenggara berkat kerjasama Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Sultra dan Pemerintah Kota Kendari, dengan leading sektor Dinas Kesehatan dibantu tenaga kesehatan puskesmas se Kota Kendari. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penggerakan peran serta masyarakat dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk mencapai Kota Kendari menjadi Kota Adipura. Pembukaan acara diawali dengan laporan panitia, sambutan walikota Kendari dan pada akhirnya pencanangan oleh Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra). Aksi pokok yang dilaksanakan saat bulan bhakti gotong royong dirangkaikan peringatan hari kesehatan nasional itu, meliputi pengobatan massal gratis dan khitanan massal.

1. PELAYANAN PENGOBATAN MASSAL

Masyarakat yang bertempat tinggal di Kelurahan Wua-wua dan sekitaranya, mendapatkan pelayanan pengobatan gratis yang dilaksanakan oleh 3 orang tenaga dokter umum, dibantu oleh petugas paramedis puskesmas dan dinas kesehatan Kota Kendari. Jumlah pasien yang terdaftar dan telah berhasil dilayani saat itu sebanyak 100 orang.

2. PELAYANAN KHITANAN MASSAL

Dipandu dan diawasi oleh dokter spesialis bedah sebagai konsultan penanggung jawab, tenaga medis dokter dan paramedis dari puskesmas dan RSUD Abunawas Kendari, melakukan khitanan massal terhadap anak-anak dari keluarga miskin. Jumlah pasien yang terlayani saat itu sebanyak 50 orang.

Usai acara pembukaan tersebut, gubernur Sultra, didampingi walikota Kendari beserta rombongan, berkesempatan meninjau pelaksanaan kegiatan pengobatan dan kitanan massal. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat memacu semangat kebersamaan masyarakat dalam upaya turut berpartisipasi aktif mensukseskan salah satu program unggulan pemerintah Kendari untuk meraih trofi Kota Adipura, dan pemerintah daerah Sultra mencapai bahteramas. (pts)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: