Beranda > KOORDINATIF > 3 AGENDA PENTING KUNJUNGAN STUDI BENCH MARKING

3 AGENDA PENTING KUNJUNGAN STUDI BENCH MARKING

PADA tanggal 17-21 November 2009, para rombongan Kepala Puskesmas bersama staf Dinas Kesehatan Kota Kendari, dipimpin oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, melaksanakan kunjungan studi banding (bench marking) ke Daerah Khusus Istimewa (DKI)  Jakarta. Kunjungan ini dilakukan sebagai tindak lanjut upaya operasional meningkatkan dan mengaktifkan program inovatif, promotif dalam pelayanan prima di puskesmas se-Kota Kendari. Rombongan berjumlah 18 orang terdiri dari para Kepala Puskesmas, Kadis Kesehatan Kendari, Kepala Bidang Upaya Pelayanan Medik, Kabid Upaya Yankes Gizi, Kasubid Kepegawaian, kepala seksi di lingkup Dinkes Kendari dan Direktur RSUD Abunawas Kendari.

BERIKUT catatan perjalanan ringkas sebagai agenda penting saat kunjungan studi banding tersebut. Semoga bisa dijadikan perbandingan dalam meningkatkan pelayanan prima di puskesmas.

1. Kunjungan ke Kantor Departemen Kesehatan RI,  Jakarta

  • Khususnya para Kepala Bidang lingkup Dinas Kesehatan Kota Kendari, tengah melakukan koordinasi dalam tata aturan dan tata laksana anggaran yang terkait pembiayaannya dari Depkes RI, sehingga mudah dievaluasi hasil pencapaian kegiatannya.

2. Kunjungan ke Puskesmas Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan

  • Puskesmas Kecamatan Tebet, yang menaungi beberapa puskesmas kelurahan (setingkat puskesmas pembantu) merupakan puskesmas induk dengan pelayanan prima yang telah bersertifikat ISO 9001-2000.
  • Puskesmas dengan motto PEDULI (Pelayanan, Empati, Disiplin, Upaya, Lugas, Inisiatif) ini, telah menerapkan usaha keselamatan dan kesehatan kerja di tingkat puskesmas, sebagai tindak lanjut peraturan daerah DKI Jakarta.

3. Kunjungan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Rebo, Jakarta Timur

  • RSUD Pasar Rebo merupakan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang telah mengalami beberapa revisi peraturan daerah, dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan kuratif dan rehabilitative bagi masysrakat kota Jakarta.
  • Sebagai BLUD tersebut, RSUD Pasar Rebo telah melaksanakan pelayanan komprehensif yang terus meningkat setiap tahunnya dari segi jumlah kunjungan pasien, sehingga dituntut peningkatan keperluan operasional dan pendapatan asli daerah.

ROMBONGAN telah tiba kembali di Kota Kendari, dengan harapan bisa menerapkan sisi positif, kreatif serta inovatif dari hasil proses pengamatan dan pembelajaran selama kunjungan studi banding di Jakarta. Semoga makna studi banding tersebut bisa memacu semangat bersama dalam memberikan pelayanan kesehatan yang prima di Kota Kendari, Kota Bertakwa.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: