Beranda > PROMOTIF > SEMINAR AKSES UNIVERSAL DAN HAK ASASI MANUSIA HIV/AIDS

SEMINAR AKSES UNIVERSAL DAN HAK ASASI MANUSIA HIV/AIDS

SELEMBAR surat dari panitia peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) Provinsi Sulawesi Tenggara, No. 07/U/Pan-HAS/XII/2009, beserta lampiran brosurnya dilayangkan ke puskesmas di Kota Kendari. Berikut kami sadurkan dan ringkas kembali materi yang terdapat dalam lampiran brosur tersebut.

A. PENDAHULUAN

Epidemiologi Human Immunodeficiency Virus (HIV) berkembang dengan pesat di seluruh dunia termasuk Indonesia. Kasus ini telah mengakibatkan kematian 25 juta orang dan saat ini terdapat lebih dari 33 juta orang yang hidup dengan HIV positif. Berdasarkan data resmi dari Departemen Kesehatan RI, hingga akhir Juni 2009 secara kumulatif tercatat 17.699 kasus AIDS, dimana jumlah kasus yang sesungguhnya diperkirakan mencapai 298.00 kasus dilihat dari cara penularannya. Mayoritas penularannya melalui heteroseksual (48,8%), penggunaan narkoba suntik (41,5%) dan homoseksual (3,3%). Sebagian besar kasus AIDS tersebut pada kelompok usia 20-29 tahun (50%), kelompok usia 30-39 tahun (29,6%), yang menunjukkan adanya ancaman serius terhadap generasi muda bangsa Indonesia kedepan.

Berbagai upaya penanggulangan dan pencegahan penyebaran HIV/AIDS telah dilakukan baik oleh pemerintah, pihak swasta, LSM, lembaga donor, maupun oleh kelompok masyarakat peduli, salah satunya dengan peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) tiap tahunnya. Namun demikian upaya tersebut masih perlu ditingkatkan baik kualitas, kuantitas keterpaduan maupun kebersamaanya. Oleh karena itu diharapkan kegiatan HAS tahun 2009 dilakukan dengan melibatkan berbagai sektor terkait secara komfrehensif, terpadu dan berkesinambungan, dengan isu utama “Akses Universal dan Hak Asasi Manusia

B. TEMA KEGIATAN

Tema utama HAS 2009 adalaha “Akses Universal dan Hak Asasi Manusia”, sedangakan tema Seminar HIV/AIDS adalah “Trend Epidemiologi dalam Perspektif Global, Regional dan Nasional”

C. WAKTU PELAKSANAAN

Kegiatan ini diselenggarakan di Kendari, pada Hari Kamis, 03 Desember 2009, pukul 08.00 Wita sampai selesai.

D. MATERI SEMINAR

Kegiatan ini menghadirkan pemateri nasional yang kompeten, terkait dengan tujuan dan tema kegiatan, antara lain :

  1. Trend Epidemiologi dan Upaya Pencegahan Penyakit HIV/AIDS di dunia Internasional, Regional dan Indonesia
  2. Pemulasaran Mayat Penderita HIV/AIDS
  3. Pengobatan dan Rehabilitasi Penderita HIV/AIDS di RSU Provinsi Sulawesi Tenggara
  4. Penguatan Peran Populasi, Kunci dalam Penanggulangan HIV/AIDS di Daerah

(Disadur dan diringkas  dari brosur Panitia Bersama Seminar Nasional, IAKMI Sultra, dengan IDi Konawe Selatan, Komisi Penanggulangan AIDS Sultra, 2009)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: